New post April Laporan Pasar : Industri Daging Asia Tenggara

SE Asian Beef Market Report: Bahasa Indonesia version

Dr. Ross posted: " Edisi ke-89 : April 2021.

Poin-poin utama

Harga sapi Australia tetap bertahan di rekor tertinggi.Pengalaman Ramadhan kedua di Indonesia selama pandemi.Vietnam tidak mengimpor sapi Australia sama sekali di bulan Maret.

Indonesia : Sapi Potong"

Respond to this post by replying above this line

New post on Southeast Asian Beef Market Report

April Laporan Pasar : Industri Daging Asia Tenggara

by Dr. Ross

Edisi ke-89 : April 2021.

Poin-poin utama

  • Harga sapi Australia tetap bertahan di rekor tertinggi.
  • Pengalaman Ramadhan kedua di Indonesia selama pandemi.
  • Vietnam tidak mengimpor sapi Australia sama sekali di bulan Maret.

Indonesia : Sapi Potong Steer, AUD $4.46/kg bobot hidup (Rp11.200 = $1 AUD)

Harga sapi potong steer melonjak lebih tinggi menjelang akhir bulan April, sejalan dengan banyaknya permintaan di bulan Suci Ramadhan dan sedikitnya pasokan. Harga naik, dari rata-rata Rp 48.000 per kg bobot hidup di akhir bulan hingga sekitar Rp 50.000 per kg pada akhir bulan April. Pemerintah Indonesia terus menekan semua pemasok komoditas pangan di seluruh negeri untuk memastikan tidak ada konsumen yang mendapatkan kenaikan harga yang tidak wajar selama periode permintaan yang memuncak ini. Tiga komoditas yang paling banyak disorot adalah cabai, daging, dan gula. Sayangnya, importir sapi hidup terus diperas margin keuntungannya dengan harga sapi Australia yang tinggi, sehingga hampir tidak mungkin untuk mendapatkan keuntungan meskipun dengan harga lokal yang naik seperti disebutkan diatas. Sebagai acuan kasar, dengan sapi bakalan steer yang dikirim dari Darwin pada AUD$ 4.20 per kg bobot hidup, harga CIF akan berada di sekitar Rp 60.000 per kg setelah mendarat di feedlot, jadi bahkan feedlot yang paling efisien sekalipun tidak mungkin dapat menutupi tingkat defisit ini dengan nilai tambah. Menurut beberapa feedloter menunjukkan bahwa angka penjualan cukup tinggi sejalan dengan permintaan di bulan Ramadhan ini meskipun harga tinggi. Pada pasar basah, harga daging segar naik dari Rp. 135.000 per kg di akhir bulan menjadi Rp. 145.000 di akhir bulan April, sementara di supermarket yang kami pantau pada laporan ini memberikan beberapa diskon. Lihat foto di bawah ini, yang menunjukkan daging knuckle yang biasanya dijual seharga Rp 157.000 per kg di Superindo turun menjadi Rp 142.000 per kg. Harga daging ayam di pasar basah juga naik dari Rp 40.000 per kg di bulan Maret menjadi Rp45.000 selama bulan April/Ramadhan.

Diskon 10% untuk knuckle dari jaringan supermarket Superindo.
Harga daging ayam di pasar basah BSD City naik 12.5% selama bulan April.
Total impor Indonesia di bulan Maret hanya berakhir di bawah 36.000 dengan mayoritas pengiriman yang berangkat dari Townsville (26,027) dimana kedua penawaran dan harga sedikit lebih murah daripada Darwin. Pengiriman lain berasal dari Darwin (5,484) dan Wyndham (3,801). Tingkat impor ini terus lebih rendah daripada rata-rata terbaru hasil dari perkiraan saat ini pada kapasitas feedlot sekitar 30%. Dengan berlanjutnya sedikitnya impor dan arus keluar yang tinggi selama perayaan Ramadhan dan Lebaran, jumlah ini kemungkinan akan terus menyusut sampai harga sapi Australia Utara turun di bulan Juni/Juli. Meskipun harga feeder selalu turun selama puncak periode pengumpulan dan penjualan di pertengahan musim kemarau, tahun ini pasokan feeder (dari kawanan sapi yang lebih kecil)lebih rendah dari biasanya, sehingga penurunan harga tidak akan sedrastis seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, kondisi musim di bagian utara saat ini secara umum cukup baik, sehingga tidak ada urgensi yang besar untuk menjual stok untuk menghemat padang rumput selama sisa tahun ini karena pada umumnya jumlah stok menurun dan cadangan padangan rumput melimpah. Di masa sebelumnya, ekspor sapi hidup hampir menjadi pilihan ekonomi satu-satunya bagi feeder sapi Australia utara, tapi sekarang karena bagian lain Australia masih kekurangan ternak, penjualan sapi muda ke Queensland untuk digemukkan di padang rumput dan di feedlot diikuti dengan penyembelihan domestik adalah ekonomi alternatif yang nyata.

Pandemi terus memberikan dampaknya dalam berbagai cara dengan pengurangan impor daging kerbau beku India karena kekhawatiran tentang kontaminasi Covid-19. 13.000 ton produk India telah diterima tahun ini dan dinyatakan aman meskipun kemungkinan akan ada penundaan untuk impor kuota sisa 67.000 ton sampai kekhawatiran tentang infeksi Covid-19 yang merajalela di India lebih dipahami. Perekonomian Indonesia juga masih terkendala karena rendahnya pasokan vaksin yang mengharuskan penduduk untuk terus mengendalikan virus melalui APD, menjaga jarak dan kebersihan yang digabungkan dengan membatasi kegiatan bisnis.

Total impor daging untuk Q1 2021 mencapai 30.000 ton, yang sebagian besar bersumber dari Australia (19.000). Pemasok utama lainnya adalah India (7.000), Selandia Baru (2.200), Amerika Serikat (1.495) dan Spanyol (659).

Harga sapi Feeder Steer Darwin tetap tinggi dengan harga AUD $ 4.20 pada akhir bulan April. Harga Townsville masih kuat sepanjang bulan April sekitar $ 3.80 untuk sapi potong steer.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.58 / kg (VND17.900 = AUD $ 1)

Tingkat pemotongan tetap stabil sekali lagi selama bulan April, dengan tingkat indikator untuk sapi steer masih di Dong 82.000 per kg bobot hidup. Namun indikator yang paling penting adalah jumlah yang diimpor selama bulan Maret yang ternyata nol! Angka ini memberikan ringkasan yang jauh lebih baik tentang situasi saat ini yang sangat serius. Total impor untuk satu tahun hingga akhir bulan Maret adalah 40.654 atau turun 56% dari jumlah sebelumnya untuk waktu yang sama tahun lalu. Sebaliknya, penurunan impor Indonesia untuk periode yang sama sebesar 7%. Tidak ada kejutan nyata dalam jumlah ini karena belakangan ini Vietnam telah mengimpor 89% sapi potong dan 11% feeder, yang berarti bahwa kapasitas untuk menambah nilai untuk menutupi perbedaan dramatis dalam harga jual dan beli tidak signifikan. Dengan harga beli di Townsville sekitar $ 3.80 ditambah total biaya pengiriman, katakanlah $ 1, harga CIF di Vietnam mendekati AUD $ 4.80 sedangkan harga jual untuk bulan April (lihat di atas) adalah $ 4.58. Ini akan menghasilkan kerugian yang besar terlepas dari bagaimana pedagang dapat menekan margin mereka sebaik mungkin. Pada saat yang sama, harga daging di pasar basah dan supermarket domestik untuk daging sapi segar tetap stabil. Sulit untuk melihat adanya keringanan bagi importir untuk waktu yang lama karena bahkan dengan perkiraan penurunan harga musim kemarau di Australia utara, tidak mungkin harga Australia akan jatuh ke titik di mana impor sapi potong yang menguntungkan dimungkinkan. Sebagai acuan kasar, dengan nilai tukar hari ini, harga beli importir impas untuk sapi potong ekspor sekitar AUD $ 3.58 terkirim ke Townsville yard. Penurunan ke tingkat ini tentu saja mungkin terjadi selama musim kemarau tetapi sebagian besar komentator ragu apakah akan turun jauh lebih rendah sehingga importir Vietnam mungkin dapat mencapai titik impas. Penyelamat lain yang mungkin adalah melemahnya dolar Aussie secara dramatis tetapi hasil dari fluktuasi mata uang adalah salah satu parameter yang saya yakin tidak ada yang bisa memprediksi.

Vietnam terus terkena dampak infeksi yang sedang berlangsung dan baru dari African Swine Fever (ASF) dengan wabah baru yang juga dilaporkan di Myanmar, N.E. India, Laos, Sabah, Cina, dan Filipina. Catatan ASF telah dikonfirmasi di Papua Nugini. Peta dari FAO.
China: Sapi Potong, AUD $ 6.60 / kg bobot hidup (RMB 5.03 = AUD $1)

Harga sapi potong di China bergerak berlawanan arah dengan negara Asia lainnya dengan penurunan harga hidup 5% selama bulan April. Selama periode yang sama, harga daging sapi eceran juga turun beberapa persen. China melaporkan bahwa pertumbuhan PDB mereka sedang meningkat, jadi saya tidak yakin mengapa harga sapi dan daging turun pada saat pertumbuhan ekonomi meningkat. Bahkan harga ayam dan babi di pasar basah telah turun beberapa poin persentase. Sumber Thailand saya juga mengatakan bahwa perbatasan dari Myanmar ke Barat Daya China di Muse tertutup untuk semua perdagangan termasuk sapi hidup sebagai akibat dari masalah politik di Myanmar.

Filipina: Sapi Potong, AUD $ 3.48 / kg (Peso 37.3 = AUD $1)

Sekali lagi, tidak ada perubahan dalam tingkat penyembelihan bulan ini, dan hanya sedikit laporan karena ekonomi tampaknya stagnan tanpa adanya perubahan yang signifikan baik naik maupun turun. ASF tetap menjadi masalah tetapi tidak pada tingkat yang sangat mempengaruhi harga sapi.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.46 / kg (Baht 24.0 = AUD $1)

Harga sapi potong kembali naik dengan kombinasi penutupan total perbatasan Myanmar dan peningkatan minat dari importir Vietnam. Tidak mengherankan jika para importir Vietnam mencari alternatif untuk menggantikan sapi potong Australia dengan harga sekitar AUD $ 4.46 di Thailand dan harga sapi potong di Vietnam sebesar AUD $ 4.58, permintaan untuk sapi gemuk Thailand sedang meningkat. Sayangnya bagi pembeli Vietnam, kawanan sapi di Thailand terlalu kecil untuk dapat memasok pasar domestik Thailand dan Vietnam. Pasokan sapi semakin dibatasi oleh kurangnya ketersediaan sapi bakalan dari Myanmar. Reporter kami mengatakan jika Vietnam mulai mengambil banyak dari Thailand maka harga sapi potong kemungkinan akan mencapai Baht120 per kg atau bahkan lebih tinggi. Dengan harga B120, harga seekor sapi potong steer adalah AUD $ 5 per kg di Thailand dengan nilai tukar saat ini, sehingga tampaknya hanya ada sedikit keringanan yang tersedia di sini untuk importir dan konsumen Vietnam.

Pertanyaan: Strategi apa yang bisa dilakukan untuk membantu pelanggan kami mengurangi biaya pembelian daging sapi mereka, tanpa menurunkan harga kami?

Salah satu alternatifnya adalah dengan memasok ternak yang akan menghasilkan karkas yang lebih baik saat disembelih. Meskipun memodifikasi breed di seluruh Australia utara merupakan suatu usaha yang sangat besar, hal itu layak dipertimbangkan karena hanya ada sedikit cara alternatif untuk memasok sapi dengan harga yang sama, yang akan memberikan margin keuntungan yang lebih tinggi bagi importir.

Terry Nolan baru-baru ini memenangkan kontes karkas Daging Sapi 2021 (grand and reserve champion) dengan sapi Blonde d’Aquitaine dengan persentase dressing 65.6% dari karkas 250 hingga 318 kg. Bobot hidup hewan harus berkisar antara sekitar 384 hingga 489kg. Pengukuran lemak berada di ujung skala bawah sekitar 6-8 mm. Walaupun sapi Eropa murni ini tidak cocok untuk kawanan sapi utara, mereka bersilangan dengan baik dengan sapi Bos Indicus dan menghasilkan kekuatan hibrida yang bagus. Kami mengambil foto lembu jantan muda di Ian Fox’s Renard Blondes di Cobram, Victoria utara. Sapi ini menghasilkan karkas unggul dengan tingkat lemak rendah yang sesuai dengan keinginan pelanggan Asia kami untuk pembuangan lemak yang minimal. Mereka juga menunjukkan kinerja luar biasa di feedlot.

Saya menghadiri presentasi di konferensi NTCA di Alice Springs bulan lalu dan mengetahui bahwa jika Anda dapat meningkatkan kinerja ternak Anda, maka Anda mungkin memenuhi syarat untuk kredit karbon. Perkawinan silang yang lebih efisien mungkin akan mencentang kotak ini dan memberikan penghasilan tambahan bagi produsen. Hal ini layak untuk diselidiki lebih lanjut.

Foto dari Beef Central.
Blonde d’Aquitaine muda di Ian Fox’s Blonde di Cobram Victoria.

  • Sapi ini adalah “all beef” dan bersilangan dengan baik dengan sapi Bos Indicus dengan kapasitas hasil persilangan untuk menghasilkan karkas yang lebih ramping (dengan sedikit lemak) dan lebih menguntungkan bagi pelanggan Asia kami.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

Dr. Ross | May 28, 2021 at 12:12 pm | Tags: asia tenggara, Bahasa Indonesian, Daging, harga sapi | Categories: Laporan Pasar | URL: https://wp.me/p4BVtG-ocE

Comment See all comments Like
Unsubscribe to no longer receive posts from Southeast Asian Beef Market Report.
Change your email settings at Manage Subscriptions.

Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser:
http://seabeefreport.com/2021/05/28/april-laporan-pasar-industri-daging-asia-tenggara/

Thanks for flying with WordPress.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
%d bloggers like this: