New post Desember Laporan Pasar : Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Dr. Ross posted: " Edisi ke-97 : Desember 2021.

Poin-poin Utama :

Harga sapi Australia terus memecahkan rekor.Ekspor sapi dari Darwin ke Indonesia mengalami pelonjakan ketika musim hujan datang.

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $4.80/kg bobot hidup (Rp 10.20"

Respond to this post by replying above this line

New post on Southeast Asian Beef Market Report

Desember Laporan Pasar : Industri Daging Sapi Asia Tenggara

by Dr. Ross

Edisi ke-97 : Desember 2021.

Poin-poin Utama :

  • Harga sapi Australia terus memecahkan rekor.
  • Ekspor sapi dari Darwin ke Indonesia mengalami pelonjakan ketika musim hujan datang.

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $4.80/kg bobot hidup (Rp 10.200 = AUD $1)

Harga sapi potong sedikit menurun menjadi Rp49.000 per kg bobot hidup di bulan Desember, meskipun perubahan nilai tukar membuat harga AUD tetap sama seperti bulan lalu di $4.80,. Kisaran harga lokal mulai dari Rp47.000 di Lampung dan dilaporkan mencapai Rp52.000 per kg bobot hidup untuk sapi jantan besar berotot di Jawa. Importir masih memiliki sapi dalam jumlah besar untuk diberi pakan, yang melebihi target, yang akan terus mengakibatkan pasar dipenuhi sapi super gemuk, sehingga menghasilkan diskon yang besar. Informasi yang saya dapat bahwa harga CIF pada akhir Desember adalah sekitar USD $4.25 yang dikonversi menjadi hampir Rp 60.000 per kg bobot hidup atau selisih Rp10.000 per kg untuk sapi dewasa. Harga daging sapi eceran di pasar basah dan supermarket tidak menunjukkan perubahan yang signifikan selama 5 bulan terakhir, sehingga seseorang harus menanggung kerugian yang terus naik untuk menjaga harga eceran ini tetap stabil.

Meskipun harga sapi bakalan Darwin sangat tinggi, pada bulan Desember lebih dari 36.000 ekor diekspor ke Indonesia. Lonjakan ini terutama didorong oleh cuaca karena sapi bakalan yang tersisa telah dikumpulkan di dataran rendah di sekitar Darwin selama musim kemarau dan sekarang setelah musim hujan tiba, mereka harus dipindahkan dari dataran rendah atau mereka akan terkena banjir hingga bulan April. Selain itu, Ramadhan dimulai pada tanggal 2 April, sehingga importir harus mulai menimbun untuk periode ini dengan permintaan yang tinggi. Sementara hanya sedikit kerbau yang dimasukkan pada bulan Desember ini, jumlah ekspor total tahun 2021 mereka berada di angka 11.000 yang merupakan jumlah terbesar yang tercatat hingga saat ini. Mengingat harga kerbau lebih dari setengah harga sapi bakalan, kemungkinan besar ekspor kerbau akan kembali mencatat rekor baru pada 2022.

Agen saya di Jakarta lagi-lagi tidak dapat menemukan daging kerbau India (IBM) di pasar tradisional yang mereka survei setiap bulan, tetapi mereka telah melaporkan bahwa ada produk yang tersedia untuk dijual secara online. Lihat iklan di bawah ini menawarkan porsi 250 gram seharga Rp 33.000 atau setara dengan Rp 132.000 per kg yang hanya sedikit lebih murah dari harga daging sapi segar pasar basah dan supermarket masing-masing sebesar Rp 150.000 dan Rp 158.000. Harga tinggi untuk IBM ini bertepatan dengan laporan bahwa harga ekspor untuk IBM beku berada pada tingkat yang sangat rendah.

Pemerintah Indonesia telah melarang ekspor batu bara mulai Januari untuk menjaga pasokan listrik domestik. Larangan ekspor diberlakukan setelah penambang batu bara gagal memenuhi apa yang disebut Kewajiban Pasar Domestik, di mana mereka diwajibkan untuk memasok setidaknya 25 persen dari rencana produksi tambang yang disetujui dengan harga jual maksimum USD $70 per metrik ton – kurang dari setengah harga patokan global.

Larangan ini dapat meredam perkiraan surplus perdagangan yang dipimpin oleh tingkat ekspor tertinggi sejak 2011. Pemerintah Indonesia melaporkan bahwa mereka memperkirakan ekonomi akan tumbuh di kisaran 4,7-5,12% pada tahun 2022.

Indonesia tampaknya bernasib lebih baik daripada negara-negara lain di Asia Tenggara (lihat grafik di bawah dari WHO) tetapi semua ekonomi masih sangat dibatasi oleh pandemi tanpa akhir yang terlihat, mengingat kedatangan varian Omicron yang belum menyebar di Asia seperti yang terjadi di banyak bagian lain dunia.

Lihat catatan di bawah ini, dari pembaruan FAO African Swine Fever (ASF) 23 Desember 2021 hingga 6 Januari 2022 yang menjelaskan penyebaran ASF di Indonesia, meskipun laporan baru ini (berwarna merah) tampaknya tidak terlihat di peta, daripada laporan yang diperbarui di bagian Vietnam di bawah ini.

“Indonesia

Sejak Kementerian Pertanian (Kementan) melaporkan wabah ASF di Provinsi Sumatera Utara pada 2019 [referensi1, referensi2], per Desember 2021, ASF secara resmi mengonfirmasi penyebarannya ke 10 dari 34 provinsi [referensi3]. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian mengumumkan konfirmasi KSA di enam kabupaten dan satu kota di Provinsi Kalimantan Barat [referensi4, referensi5]. Dan menurut media, ASF juga diduga di Kalimantan Utara [referensi6]; Kalimantan Timur [referensi7], dan Kalimantan Tengah [referensi8]. Di Sumatera, media melaporkan kematian mendadak 50 ekor babi hutan di Maua Hilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat [rujukan9, rujukan10], sampel dinyatakan positif ASF, mengutip Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Agam [referensi11]; banyak babi mati di Desa Martanda dan Tamapang, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung [rujukan12]; dan ASF telah terdeteksi pada babi di Kepulauan Riau yaitu Desa Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam sebagai satu dari empat sampel darah yang dinyatakan positif secara realtime PCR oleh Balai Veteriner Bukittinggi [referensi13].”

Sapi Bakalan Darwin harga terus mengejutkan karena kenaikan luar biasa mereka yang terus berlanjut dengan harga AUD $4.70 pada akhir Desember. Yang lebih mencengangkan lagi adalah bahwa harga diperkirakan akan mencapai $5 per kg pada pertengahan Januari!

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $5.03 / kg (VND 16.300 = AUD $1)

Sekali lagi dengan kenaikan AUD karena fluktuasi nilai tukar, harga sapi potong tetap di Dong 82.000. Bulan lalu saya melaporkan bahwa tidak ada ekspor sapi dari Townsville ke Vietnam untuk bulan November, namun ada kesalahan informasi karena satu pengiriman sekitar 2.000 ekor sapi, yang menurut informasi hanya terdiri dari sapi jantan, dikirim selama bulan itu. Tidak ada sapi yang diekspor dari Townsville selama bulan Desember. Hal ini tidak mengherankan mengingat bahwa harga sapi steer yang cocok untuk perdagangan Vietnam dikutip sekitar AUD $4.80 per kg bobot hidup.

Seperti yang terlihat pada grafik WHO di atas, Vietnam tampaknya lebih menderita akibat pandemi daripada kebanyakan negara lain di Asia Tenggara. Hal ini pasti memiliki efek yang merugikan pada pendapatan warga dan oleh karena itu permintaan akan produk makanan premium seperti daging sapi menurun. Sejalan dengan peningkatan aktivitas pandemi ini, metode pembelian daging sapi eceran yang paling populer tampaknya masih online.

Dong 280.000 dikonversi menjadi AUD $17.18 per kg.

China : Sapi Potong AUD $7.98 / kg bobot hidup (RMB 4.46 = AUD $1)

Harga sapi potong kembali naik ke harga Y35.6 per kg bobot hidup pada bulan Oktober. Harga ini rata-rata Y35.4 di Beijing dan Y35.8 di Shanghai. Harga daging sapi eceran di pasar basah dan supermarket juga meningkat bulan ini di Beijing dan Shanghai. Ini mungkin merupakan akibat dari kekurangan yang disebabkan oleh larangan ekspor pada bulan September untuk produk Brasil, menyusul laporan dua kasus BSE atipikal. Pada tanggal 15 Desember pers melaporkan bahwa China telah mencabut larangan daging sapi Brasil menyusul keputusan dari WHO bahwa 2 kasus yang dilaporkan menimbulkan risiko yang tidak signifikan terhadap kesehatan manusia atau hewan. Terlepas dari embargo, penjualan daging sapi Brasil ke China mencapai hampir AUD $3.9 miliar pada tahun 2021. Brasil memiliki 217 juta ekor sapi yang mewakili sekitar 14% dari kawanan sapi dunia yang menghasilkan hampir 14% dari ekspor daging sapi global pada tahun 2021.

Philippines : Sapi Potong AUD $3.73 / kg (Peso 36.2 = AUD $1)

Harga sapi potong tetap stabil dengan kenaikan AUD di atas karena perubahan mata uang. Harga daging sapi juga stabil bersama dengan sebagian besar komoditas pangan lainnya. Topan Odette baru-baru ini menyebabkan kerusakan signifikan karena telah dikategorikan sebagai salah satu badai terburuk yang terjadi dalam hampir 20 tahun terakhir. Seperti yang terlihat pada tabel WHO Covid di atas, Filipina merupakan salah satu negara yang terkena dampak paling parah di Asia Tenggara. Reporter saya menyatakan bahwa tingkat vaksinasi akhirnya meningkat setelah awal yang sangat lambat.

ASF masih menjadi masalah utama bagi produsen babi dengan lebih dari 900 babi sentinel yang didistribusikan oleh Departemen Pertanian untuk repopulasi selama bulan Desember. Virus ASF sangat resisten terhadap pembersihan fisik dan desinfektan kimia sehingga satu-satunya cara untuk memastikan bahwa fasilitas babi yang sebelumnya terinfeksi bebas virus adalah dengan memasukkan sejumlah kecil babi segar dan melihat apakah mereka terinfeksi. Kapasitas yang luar biasa dari virus ASF untuk bertahan di lingkungan ini adalah salah satu alasan utama penyakit ini terus menyebabkan kehancuran yang berkelanjutan pada industri babi Asia. Ada sejumlah perusahaan yang melaksanakan program vaksin, jadi kami hanya bisa berharap bahwa vaksin yang berguna akan dikembangkan dalam waktu dekat.

Thailand : Sapi Potong Steers AUD $4.58 / kg (Baht 24.0 = AUD $1)

Harga sapi potong stabil selama bulan Desember setelah kenaikan tajam pada bulan November. Sapi gemuk (THB110) lebih mahal daripada sapi bakalan (THB102), kemungkinan karena pembukaan perbatasan Myanmar di Mae Sot sekaligus jalur ekspor sapi gemuk ke Vietnam tetap ditutup karena pembatasan Covid 19. Harga eceran daging sapi di pasar basah stabil meskipun volumenya sangat rendah sehingga banyak Feedlot yang beroperasi di bawah kapasitas mereka. Harga pakan yang tinggi juga menyebabkan masalah bagi feedlot.

Konflik Myanmar terus berlanjut dengan serangan pemerintah baru-baru ini di perbatasan dekat perlintasan ternak Mae Sot yang merupakan kubu kelompok etnis Karen.

Thailand berada di tengah-tengah bidang Asia Tenggara dalam hal dampak Covid 19 karena tingkat vaksinasi yang meningkat.

Masih bepergian – dari Barbados ke Skotlandia.

Produsen sapi potong di Skotlandia selalu berusaha mengurangi biaya sambil mempertahankan atau meningkatkan produksi sama seperti orang lain. Di peternakan tempat saya menghabiskan 4 minggu selama periode natal dan tahun baru, mereka telah mengubah bibit campuran mereka menjadi sapi Luing x shorthorn yang digabungkan dengan campuran Limousin (untuk sapi dara), sapi jantan Simmental dan Charolais. Penyapihan yang dihasilkan sangat baik dan sapi mampu hamil (98%) saat masih menyusui. Induk dan sapi jantan tinggal di luar kandang sepanjang tahun, sementara sapi yang disapih diberi makan di kandang selama musim dingin dan akhirnya dilepas untuk merumput di musim semi.

Sapi persilangan Luing bertubuh besar yang dibiakkan khusus untuk cuaca di Skotlandia yang keras, cukup nyaman di udara dingin dengan bulu yang sangat tebal. Makanan rumput musim dingin mereka dilengkapi dengan balok jilat dan jerami.Pada hari-hari bersalju mereka senang melihat pengiriman jerami.Sapi jantan mendapatkan suplemen pelet dan jerami untuk menjaga mereka tetap bugar sampai musim semi.Setelah disapih, little nugget ini tinggal di gudang selama musim dingin dengan diet berbasis silase, sebelum finishing di rumput musim semi. Harga sapi Skotlandia saat ini lebih rendah daripada yang tersedia di Australia.Supermarket Tesco Dumfries, lemari daging sapi Skotlandia : Ribeye AUD $35.19, Bone-in Ribeye AUD $44.44, Rump AUD $29.41, Sirloin AUD $33.04. Dan rasanya enak juga.Tesco salt dry aged Angus Ribeye AUD $64.81 per kg.Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

Dr. Ross | January 24, 2022 at 10:52 am | Tags: Bahasa Indonesian, Daging, harga sapi | Categories: Laporan Pasar | URL: https://wp.me/p4BVtG-ooB

Comment See all comments Like
Unsubscribe to no longer receive posts from Southeast Asian Beef Market Report.
Change your email settings at Manage Subscriptions.

Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser:
http://seabeefreport.com/2022/01/24/desember-laporan-pasar-industri-daging-sapi-asia-tenggara-5/

Thanks for flying with WordPress.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
%d bloggers like this: