New post Juni Laporan Pasar : Industri Daging Asia Tenggara

Dr. Ross posted: " Edisi 91 : Juni 2021.

Poin-poin Utama

· Lonjakan Covid-19 membuat kekacauan di seluruh negara Asia dan berdampak pada kesehatan manusia dan rantai pasokan pasar.· Harga sapi di Australia Utara tetap tinggi di bulan Juni un"

Respond to this post by replying above this line

New post on Southeast Asian Beef Market Report

Juni Laporan Pasar : Industri Daging Asia Tenggara

by Dr. Ross

Edisi 91 : Juni 2021.

Poin-poin Utama

· Lonjakan Covid-19 membuat kekacauan di seluruh negara Asia dan berdampak pada kesehatan manusia dan rantai pasokan pasar.
· Harga sapi di Australia Utara tetap tinggi di bulan Juni untuk pertama kalinya.
· Impor Indonesia meningkat tajam menjadi lebih dari 50.000 untuk bulan Juni.
· Harga sapi hidup China melonjak setelah Argentina mengurangi ekspor.

Indonesia: Sapi Potong Steers AUD $4.59/kg bobot hidup (Rp10.900=$1AUD)

Harga sapi potong telah turun menjadi Rp 50.000 per kg bobot hidup, turun dari Rp 51.000 pada bulan lalu karena pasar dan kondisi seluruh negeri yang sedang berjuang dengan gelombang baru infeksi Covid 19. Harga tertinggi yang dilaporkan untuk bulan Juni adalah Rp 51.000 per kg sedangkan harga terendah untuk sapi steer di Lampung adalah Rp 49.000. Tingginya harga ini ditambah dengan masalah pembatasan pergerakan Covid 19 sehingga mengakibatkan permintaan daging yang sangat lemah. Prediksi pemerintah akan terjadi lonjakan infeksi Covid 19, dikarenakan warga mudik ke kampung halamannya untuk libur Lebaran tahunan. Meskipun pembatasan perjalanan diberlakukan oleh semua tingkatan pemerintah baik pusat dan daerah, banyak orang Indonesia mengabaikan larangan dan tetap merayakan Hari Besar bersama keluarga mereka di seluruh wilayah Indonesia. Libur Lebaran sayangnya bersamaan dengan masuknya varian virus Covid yang lebih menular ke Indonesia sehingga mengakibatkan lonjakan infeksi yang masif sehingga pemerintah pusat memerintahkan lockdown yang sangat ketat dari awal Juli hingga tanggal 20 dan situasi akan terus ditinjau. Layanan perawatan kesehatan sudah kewalahan oleh pasien baru sementara banyak unit perawatan intensif yang kapasitasnya sudah penuh.

Bali telah diprioritaskan untuk pemberian vaksinasi untuk membantu membuka pasar turis secepat mungkin sehingga orang Bali dapat kembali bekerja. Populasi masyarakat di Bali sekitar 4,4 juta dan sekitar 3 juta di antaranya adalah orang dewasa. Statistik vaksin saat ini menunjukkan bahwa 2,4 juta (80% orang dewasa) telah mendapatkan suntikan pertama sementara 750.000 (25%) telah mendapatkan dosis kedua. Angka-angka ini jauh di atas wilayah lain di Indonesia. Terlepas dari angka yang menggembirakan ini, Kepala Dinas Kesehatan Denpasar menyatakan bahwa ruang ICU di tiga rumah sakit rujukan Covid-19 kota terisi hingga 100%.

Harga daging sapi di pasar basah mengalami sedikit penurunan di bawah harga tertinggi yang pernah dicapai bulan lalu (Rp 160.000/AUD$14.66 per kg) tetapi masih jauh di atas harga normal yaitu di Rp 155.000/kg pada akhir bulan Juni.

Daging kerbau India saat ini tidak tersedia di supermarket atau pasar basah mana pun yang telah dikunjungi oleh reporter saya tetapi staf supermarket memberi tahu bahwa ketika ada stok, harganya akan tetap berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 90.000 per kg. Kekurangan stok di supermarket tempat kami memeriksa harga, mungkin menunjukkan bahwa persediaan daging kerbau beku nasional hampir habis.

  • Ini adalah pemandangan jalan utama CBD Jakarta pada hari pertama lockdown pada 3 Juli.

  • Grafik Universitas Johns Hopkins (JHU) menunjukkan peningkatan pesat jumlah kasus pada bulan Juni.

Tampaknya pemerintah pusat sengaja memasukkan Hari Raya Qurban yang akan berlangsung pada 20 Juli dalam periode lockdown sebagai upaya untuk sekali lagi membatasi interaksi keluarga yang intensif selama hari raya yang penting ini. Dengan ratusan ribu sapi serta jutaan domba dan kambing yang biasanya disembelih pada saat Qurban (selama periode 3 hari), mungkin saat ini ada penurunan besar dalam jumlah pemotongan hewan yang mengakibatkan penurunan pada harga daging domestik karena banyak di antaranya ditahan sampai hari raya selesai dan kemudian memasuki perdagangan lokal harian yang dapat mengakibatkan lonjakan pasokan.

Total impor sapi bakalan selama bulan Juni melonjak hingga 50.500 ekor terbagi antara Darwin (25.100), Townsville (7.600), Wyndham (3.300) dan Broome (14.500). Terimakasih banyak kepada kedua Otoritas Pelabuhan yang telah sangat membantu memberikan informasi terkini. Mengikuti total impor pada bulan Mei sebanyak 40.600, pada bulan April sebanyak 39.700 dan pada bulan Maret sebanyak 35.700.

Kementerian Keuangan telah mengumumkan akan mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) baru untuk beberapa produk makanan premium termasuk daging sapi wagyu, shirataki, dan nasi basmati. Menurut Kementerian, PPN atas barang-barang premium ini merupakan bentuk keadilan pajak untuk makanan produksi dalam negeri.

  • Pasar basah tetap buka dengan jumlah yang menurun dan pelanggan menghabiskan lebih sedikit waktu di pasar.
  • Knuckle di supermarket BSD City Carrefour ini dijual seharga Rp 192.500 per kg (AUD$17.66) sedangkan produk yang sama di SuperIndo adalah Rp 157.950.

Sapi potong Darwin harga tetap bertahan di AUD$4.10 per kg bobot hidup. Saya berharap bahwa ini adalah pertama kalinya harga sapi Australia Utara tidak turun secara signifikan pada bulan Juni, bersamaan dengan bulan Juli yang merupakan puncak dari periode pengumpulan dan penjualan sapi pada tahun ini.

Bahkan, mereka yang paling dekat dengan pasar menyatakan bahwa bulan Juli mungkin mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan Juni untuk pertama kalinya dalam sejarah perdagangan sapi di Northern Territory.

Townsville tampaknya mengikuti pola yang sama dengan sapi jantan steer besar yang cocok untuk dijual ke Vietnam seharga $3.80 pada akhir Juni dengan prediksi kenaikan harga pada bulan Juli.

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $4.66 / kg (VND17.600 = $1AUD) Tingkat pemotongan terus stabil pada tingkat terakhir selama bulan Juni dengan tingkat rata-rata Dong 82.000 per kg bobot hidup. Namun, permintaan kemungkinan akan turun lebih rendah dalam waktu dekat karena lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini telah mengakibatkan gangguan rantai pasokan yang parah ke semua tingkat distribusi makanan di seluruh negeri karena banyak pasar basah dan pasar grosir telah berhenti beroperasi akibat pembatasan ketat.

  • Grafik di atas adalah dari JHU yang menunjukkan peningkatan tajam kasus Covid pada bulan Juni.

Impor sapi hidup dari Australia untuk bulan Juni (11.750) turun dari jumlah tertinggi terakhir di bulan Mei (19.000) tetapi masih jauh di atas April (3.700) dan Maret (0).

Sebuah artikel berita terbaru menggambarkan status kawanan sapi di akhir tahun 2020. Kawanan sapi nasional sekitar 6,3 juta ekor dan meningkat sangat sedikit sedangkan kawanan kerbau di 2,2 juta dan menurun secara perlahan.

Selama tahun 2020, 550.000 ekor sapi hidup diimpor dengan 301.000 ekor berasal dari Australia dan mayoritas sisanya dari Thailand (dan Myanmar melalui Thailand). Selama tahun 2020 sebanyak 106.000 ton daging sapi olahan diimpor dengan mayoritas dari Australia sedangkan sekitar 30% berasal dari Amerika Serikat.

Impor kerbau India senilai USD $ 414 juta naik 30% dibandingkan 2019.

Nilai produk di India berada di harga USD $ 3.000 per ton. Jika biaya asuransi dan pengiriman konservatif USD $ 1.000 per ton, total USD $ 414 juta ini akan menunjukkan bahwa volume yang diimpor Vietnam selama tahun 2020 bisa mencapai 100.000 ton. Karena orang Vietnam tidak mengkonsumsi sejumlah besar produk daging India, sebagian besar hampir pasti diteruskan ke China melalui jalur abu-abu.

Vietnam sedang mengalami nasib buruk saat ini dengan peningkatan kasus Covid-19 yang sangat tajam, wabah Demam Babi Afrika yang sedang berlangsung (lihat blok merah di bawah) dan epidemi penyakit kulit Lumpy (LSD) yang meluas pada ternak sapi dan kerbau. Dengan LSD yang juga baru- baru ini ditemukan di Thailand, hal ini mengakibatkan penutupan perbatasan yang ketat yang memotong sumber impor sapi hidup paling umum kedua setelah Australia.

ASF telah menghasilkan transisi yang menarik untuk industri daging babi. Sebelum kedatangan ASF, peternakan rumahan menyumbang 99% dari produksi babi domestik. Deputi Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan baru-baru ini menyarankan bahwa tingkat operator peternakan rumahan kini telah turun menjadi 50% menyusul pesatnya perkembangan operasi intensif besar.

  • Blok merah terang menunjukkan wabah baru selama bulan Juni dengan Vietnam yang paling banyak sementara China tidak melaporkannya.
  • Sapi peternak rumahan dirawat karena Penyakit Kulit Lumpy.

Cina : Sapi potong AUD $7.08 / kg bobot hidup (RMB 4.86 = AUD1$)

Harga sapi potong hidup meningkat tajam bulan ini dari rata-rata 32 Yuan per kg di bulan Mei menjadi 34.4 Yuan di bulan Juni. Ini pertama kalinya harga sapi potong hidup naik sejak mulai turun stabil pada Oktober 2020. Lihat grafik di bawah. Saya telah mencoba untuk memahami mengapa harga sapi potong China telah menurun selama periode ini yang bertepatan dengan permintaan dunia yang kuat dan tingkat ekspor yang umumnya kuat dari semua pemasok China.

Dalam grafik di bawah ini saya telah membandingkan tren harga daging babi Cina dengan harga sapi potong hidup dan tampaknya ada beberapa korelasi antara penurunan harga daging babi dari awal tahun 2021 dan penurunan harga sapi yang serupa kecuali bulan Juni 2021. China pertama kali melaporkan wabah African Swine Fever (ASF) mereka pada Agustus 2018 diikuti dengan penurunan populasi babi mereka sekitar 50% selama 12 – 18 bulan ke depan sebagai akibat dari kematian akibat infeksi dan langkah-langkah pemberantasan destocking. Harga sapi tertinggi terjadi pada Oktober 2020 ketika harga daging babi berada di masa stabil tinggi dalam sejarah, mulai dari Yuan 50 hingga Y61 per kg. Saat itu China mengklaim bahwa mereka telah mengalahkan ASF dan pembangunan kembali kawanan mereka sedang berjalan dengan baik. Klaim ini dipenuhi oleh banyak pengamat ternak babi dengan sejumlah besar skeptisisme. Mungkin pemerintah China benar dan kawanan ternak telah pulih. Klaim pemulihan dramatis kawanan ternak babi nasional ini tampaknya didukung oleh penurunan yang sangat cepat sebesar 62% dalam harga daging babi eceran sejak Februari 2021. Klaim pemulihan kawanan ternak babi juga didukung oleh penurunan besar-besaran dalam ekspor daging babi AS ke China tahun ini. Kenaikan mendadak harga sapi hidup pada bulan Juni dapat dijelaskan oleh penangguhan ekspor daging sapi Argentina secara tiba-tiba yang dimulai pada tanggal 17 Mei karena pasokan dari Argentina selama bulan Maret dan April memenuhi sekitar 20% dari total impor daging sapi Cina.

  • Sebagai pelengkap saya sertakan grafik JHU untuk Covid di China ini. Demikian informasi terbaru yang diperoleh JHU beberapa hari yang lalu.

Filipina : Sapi Potong AUD $3.54 / kg (Peso 36.7 = AUD$1)

Harga sapi potong tetap stabil lagi selama bulan Juni. Berbeda dengan negara- negara lain di kawasan Asia, Filipina mengalami lonjakan kasus Covid pada Maret/April 2021 dengan penurunan kasus meskipun masih tetap pada tingkat yang sangat tinggi yaitu lebih dari 4.000 kasus baru per hari. ASF terus mengganggu industri babi dengan wabah baru di Luzon dan Mindanao pada pertengahan Juni.

Walaupun angka impor untuk Filipina tidak terlalu besar, namun menunjukkan tren yang sangat menggembirakan dengan impor sapi bakalan selama 12 bulan hingga akhir Mei 2021 sebesar 23.000 ekor yang menunjukkan peningkatan tahunan per hari ini sebesar 42%. Angka year to date adalah 8.547 hingga akhir Mei yang naik 34% dari periode ini tahun lalu. Setelah Covid dan ASF terkendali, Filipina dapat menjadi pelanggan ekspor hidup yang signifikan bagi Australia sekali lagi.

Thailand : Sapi Potong Steers AUD $4.18 / kg (Baht 23.9 = $1AUD)

Harga sapi potong terus menurun hingga100 Baht per kg selama bulan Juni (107 di bulan April dan 104 di bulan Mei). Seperti halnya Vietnam, Thailand menghadapi banyak masalah, yang paling utama terkait dengan virus, namun ditambah juga dengan gejolak politik yang keras di Myanmar yang mengarah pada penutupan total perdagangan sapi hidup lintas batas. Terlepas dari peraturan pemerintah, sejumlah besar sapi gemuk Thailand hampir selalu menemukan cara untuk masuk keVietnam sebagai pemasok sapi potong hidup terbesar kedua setelah Australia. Wabah baru penyakit Kulit Lumpy membuat perbatasan mereka yang menghubungkan Thailand ke Vietnam benar-benar ditutup untuk lalu lintas ternak hidup, terlepas dari upaya penyelundupan. Covid 19 juga menyebabkan gangguan serius pada jaringan distribusi sapi dan daging domestik yang menjadikan berkurangnya permintaan dari tukang jagal dan turunnya harga ke peternak.

Daging Sapi Selandia Baru

Adikku Tracey menghabiskan seminggu di pulau selatan NZ pada bulan Juni untuk menikmati pemandangan, makanan, dan anggur dan memberikan kesan yang baik. Saya ingat pernah bertanya kepada pedagang daging internasional (Australia) yang memiliki pengetahuan pengetahuan luas, negara mana yang menghasilkan daging sapi terbaik di dunia. Dia melihat sekeliling untuk memastikan tidak ada yang mendengarkan, lalu memberi tahu saya bahwa daging terbaik adalah Selandia Baru.

  • Eye Fillet dari jaringan supermarket Farro @NZ$44.99 per kg.
  • Sirloin seharga NZ$33.99 per kg di supermarket Farro.
  • Sebagian besar restoran memiliki banyak persediaan daging sapi dry aged.

Menu dari Cucina di kota Oamaru di pulau selatan Selandia Baru.

Angka-angka ini dikonversi ke AUD$ dari mata uang masing-masing yang berubah setiap hari sehingga harga sebenarnya di sini sedikit terganggu oleh fluktuasi valuta asing yang konstan. Angka AUD$ yang disajikan di bawah ini harus dianggap sebagai tren yang dapat diandalkan daripada harga individual yang pasti. Bila memungkinkan potongan daging yang digunakan untuk penetapan harga di pasar basah dan supermarket adalah Knuckle / Round.

Dr. Ross | July 17, 2021 at 4:35 am | Tags: Bahasa Indonesian, Daging, harga sapi | Categories: Laporan Pasar, Significant Events | URL: https://wp.me/p4BVtG-ofB

Comment See all comments Like
Unsubscribe to no longer receive posts from Southeast Asian Beef Market Report.
Change your email settings at Manage Subscriptions.

Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser:
http://seabeefreport.com/2021/07/17/juni-laporan-pasar-industri-daging-asia-tenggara/

Thanks for flying with WordPress.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top
%d bloggers like this: